Kamis 18 April 2024. Seminar akhir mengenai buku “Datupamusu: Biografi Perjuangan dan Pemikirannya” diadakan di Aula Kantor Departemen Agama Kabupaten Sigi. Acara ini dibuka oleh Drs. Nuim Hayat M.M., Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, yang mewakili Bupati Sigi.

Dalam sambutannya, Nuim menyampaikan harapannya agar buku tersebut menjadi referensi penting bagi para siswa di sekolah-sekolah. Dia juga berkomitmen untuk mendukung pengajuan Datupamusu sebagai pahlawan nasional, dengan melibatkan kerja sama antara Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi melalui pembentukan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). Nuim juga mendorong pembentukan komunitas pemerhati budaya untuk menjaga benda-benda pusaka peninggalan kerajaan yang ada di Kabupaten Sigi.

Selama seminar berlangsung, tim penulis memaparkan hasil penelitian mendalam di beberapa lokasi kunci terkait kehidupan Datupamusu, seperti Sigi Dolo (tempat kelahiran Datupamusu), dan melakukan penelusuran ke arsip nasional di Jakarta untuk mengumpulkan data tentang perlawanan Datupamusu. Mereka juga melakukan kunjungan ke Tobelo Ternate, tempat pengasingan Datupamusu, dan berhasil menemukan keturunan Datupamusu yang sebelumnya tidak terungkap.

Keluarga Datupamusu di Ternate, Sumber: Dokumentasi Tim Penulis

Daftar Nama Tim Yang Melakukan Penelitian:

  1. Dr. H. Hamdan Rampadio, SH.,MH (Mantan Rektor Universitas Alkhairat), Ketua Tim Penulis.
  2. Dr. Halidi Sadi, S.S.,M.Hum (Akademisi Sejarah)
  3. Drs. Iksam Djorimi, M.Hum (Arkeolog)
  4. Dr. Ahsan Marjudo (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Alkhairat)
  5. Syamsuddin, S.S., M.Si (Penerjemah Aksara Lontara)
  6. Nawir Dg Mangala S.E.,M.M (Kepala Bidang Kebudayaan Kabupaten Sigi)
  7. Wismanto, S.H.,M.M (Sekretaris Kecamatan Dolo Barat)
  8. Agung Cahyanto, S.Sos (Sekretaris Desa Kaleke)
  9. Burhan P. Datupamusu (Cucu Datupamusu)